Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model  pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Melalui analisis kesamaan dua rata-rata hasil belajar matematika antara yang menggunakan  model  pembelajaran Active Knowledge Sharing dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan tingkat eksplorasi kuantitatif.  Sampel penelitian kelas VII K sebanyak 21 orang  sebagai sampel  kelas eksperimen dan kelas VII G sebanyak 23 orang sebagai sampel kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data pokok  menggunakan teknik tes yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik t-tes diperoleh nilai thit = 4,73  sedangkan dari tabel distribusi frekuensi student pada taraf signifikasi 5 persen diketahui tdaf= 2,02, sedangkan pada taraf signifikasi 1 persen diketahui tdaf = 2,70, ini berarti thit lebih besar dari tdaf. Maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan  model pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII.