PENGEMBANGAN TARI TOPI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK RA TUNAS BANGSA SIDOGEMAH SAYUNG DEMAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Tari Topi pada anak Kelompok B RA Tunas Bangsa Sidogemah Sayung Demak dan untukĀ  mengetahui adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak dengan metode Tari Topi pada anak kelompok B RA Tunas Bangsa Sidogemah Sayung Demak. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui teknik observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis data deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah anak didik RA Tunas Bangsa Sidogemah Sayung Demak dengan populasi 27 anak. Sumber data berasal dari pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan fisik motorik anak melalui media Tari Topi berdasarkan data pada pra tindakan aspek kelenturan dari 48,14% kemudian meningkat Siklus I menjadi 74,07% dan Siklus II meningkat menjadi 98,14%. Pada pra tindakan aspek kelincahan dari 42,59% kemudian meningkat, pada Siklus I menjadi 79,62% dan pada Siklus II meningkat menjadi 99,07%. Pada pra tindakan aspek keseimbangan dari 40,74% kemudian meningkat, Siklus I menjadi 62,96% dan Siklus II meningkat menjadi 97,22%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan menari Tari Topi dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelas B RA Tunas Bangsa Sidogemah. Hal ini dikarenakan kegiatan menari Tari Topi dapat menstimulasi perkembangan motorik anak dari aspek kelenturan, kelincahan dan keseimbangan