STUDI KASUS: PENANGANAN PERILAKU AGRESIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU HARVISYAH

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelayanan yang diberikan untuk menangani perilaku agresif anak usia dini beserta faktor pendukung dan penghambat penangan perilaku agresif anak usia dini yang berada pada Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Harvisyah. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dimana Teknik pengambilan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisa data yang digunakan melalui trianggulasi data untuk reduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelayanan yang diberikan dengan cara : 1) deteksi dini, 2) penerimaa, 3) PAIKEM, 4) riwed, 5) keteladanan, 6) lingkungan yang nyaman, 7) pengembangan empati, 8) funishment. Sedangkan faktor pendukung yang mempengaruhi penanganan perilaku agresivitas anak usia dini yaitu kepedulian pihak sekolah terhadap masalah yang di hadapi oleh guru dan kerjasama yang baik antara stake holder. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu permasalahan dini rumah mempengaruhi perilaku anak di sekolah, penanganan yang tidak selaras antara sekolah dan rumah, serta waktu penanganan perilaku agresif yang terbatas di sekolah.