Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui STEAM di RA Mikhrajul Ulum Sukowono-Jember
Abstract
Profesionalisme guru merupakan suatu hal yang tiada hentinya dikaji dan dilakukan inovasi guna untuk menciptakan pendidikan yang efektif dan efisien. Di lembaga RA Mikhrajul Ulum, guru mengasah kemampuan kognitif anak masih dengan menggunakan metode-metode klasik, sehingga terkadang pembelajaran masih berpusat pada guru dan peserta didik mudah bosan serta kegiatan belajar dan mengajarpun kurang efektif. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran kreatif, inofatif, nyaman, dan menyenangkan maka dilakukanlah Pelatihan dan Pendampingan Profesionalisme guru melaui STEAM. STEAM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics. STEAM menekankan pada pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan sistematis. Adapun Pendekatan dalam pendampingan ini menerapkan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Pendekatan ABCD adalah suatu metode pengabdian yang berupaya untuk mengembangkan Komunitas Berbasis Aset (potensi), yang mana dalam hal ini, adapun asset yang dikembangkan adalah asset guru. Pelaksanaan pemberdayaan melalui lima tahap, yaitu tahap Define, Discovery, Dream, Design dan Deliver. Adapun hasil dari pendampingan ini ialah pengembangan kualitas asset SDM guru-guru RA Mikhrajul Ulum Sukowono Jember dalam menciptakan dan menerapkan STEAM dalam pembelajaran, sehingga tercipta pembelajaran di kelas yang aktif, efektif, efisien, inovatif, dan sistematis. Kata Kunci: Profesionalisme guru, STEAM, Pendekatan ABCD