PEMASARAN EFEKTIF DAN EFISIEN: Pemberdayaan terhadap Pengembangan Kualitas Asset SDM Santri pada Komunitas Santripreneur Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember dalam Memasarkan Hasil Kreatifitas Santri secara Efektif dan Efisien

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan ini bertujuan memberikan pendampingan kepada Komunitas Santripreneur Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember agar santri mampu mengembangkan pemasaran produk kreatifitas santri dengan tujuan produk-produk hasil kreatifitas sanri bisa go public dan dierima oleh masyarakat umum. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD. Berdasarkan hasil pemberdayaan di Komunitas Santripreneur Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember dengan menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD) dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM santrri komunitas Santripreneur pada aspek pemahan dan penerapan pemasaran yang efektif dan efisien tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan, masyarakat terutama masyarakat sekitar. asosiasi-asosiasi dan institusi yang berkaitan dengan komunitas santripreneur serta para donatur yang telah menyumbang dengan ikhlas untuk pelaksanaan program ini di komunitas santripreneur Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember. Pelaksanaan pemberdayaan berjalan dengan optimal karena pemberdayaan ini menghasilkan pengembangan kualitas asset SDM santri komunitas santripreneur dalam menerapkan pemasaran yang efektif dan efisien dalam memasarkan produknya. Temuan berikutnya menunjukkan bahwa pemberdayaan yang telah dilakukan di komunitas ini ternyata berdampak pada penambahan wawasan santri akan kata-kata atau kalimat yang dapat menarik minat calon konsumen terhadap produk mereka, sehingga menyebabkan pola pemasaran mereke menjadi lebih inovatof dan variatif. Keyword: Pemasaran, Efektif, Efisien