Pembelajaran Karakter-Sufistik: Studi Multisitus di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 dan Nuris 1 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran karakter-sufistik di MTs Unggulan Jember. Di dalam penelitian ini, metode penelitiannya menggunakan metode kualitatif dengan jenis multisitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran karakter-sufistik di MTs Unggulan berbasis Islamic Boarding School berjalan dengan baik, maka lembaga MTs tersebut telah merumuskan nilai-nilai karakter-sufistik, melaksanakan pembelajaran di berbagai tempat atau setting sekolah, menggunakan berbagai metode, media dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaannya dilakukan di sekolah (kelas dan luar kelas), di pesantren dan di masyarakat. Untuk metode pembelajaran yang dapat digunakan antara lain adalah metode keteladanan, pengarahan dan bimbingan, pembiasaan dan pelatihan, penciptaan lingkungan dan penugasan. Adapun media yang dapat digunakan adalah buku template yang berisi nilai-nilai sufistik dan diletakkan di depan kelas dan kantor. Sedangkan evaluasi yang digunakan adalah berbentuk observasi dan cheklist dengan menggunakan buku saku jujur. Untuk dalam raport, penilaian dengan menggunakan huruf seperti A (sangat baik), B (Baik), dan C (Kurang Baik).Di dalam pelaksanaan pembelajaran karakter-sufistik guru sebagai faktor utama yang terpenting dalam membentuk karakter peserta didik, serta mengawali untuk memberi contoh atau sikap yang baik kepada peserta didiknya. Selain keteladanan, MTs tersebut juga mengoptimalkan pembudayaan pelaksanaan pembelajaran karakter berbasi nilai-nilai sufistik.