Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Di Lenguage Intensif Program (LIP) SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran bahasa Arab di Language Intensive (LIP) SMPNJ Nurul Jadid Paiton probolinggo 2020-2021. Metode yang digunakan berjenis kualitatif dengan teknik pengamatan, wawancara terbuka kepada Musyrif (pendamping). Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di LIP SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo disiapkan dengan baik dan dilaksanakan secara kolektif dengan target agar supaya peserta didik mampu mempraktekkan percakapan, pidato & bercerita bahasa Arab secara fasih dan lancar. Pembelajaran di Language Intensive Program Program (LIP) SMPNJ Nurul Jadid Paiton probolinggo terbagi menjadi: 1) kegiatan proses pembelajaran bahasa Arab, 2) ektra kurikuler seperti pidato, bercerita & percakapan menggunakan bahasa Arab. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran; Bahasa Arab.