Implementasi Metode ACQ (Aku Cinta Al-Qur’an) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an

Abstract

This research is motivated by the problem of students who look lazy and not enthusiastic when asked to memorize the Qur'an. The purpose of this study was to determine the effect of applying the ACQ method on students' ability to memorize the Qur'an. This research departs from the idea that the method is a way of presenting subject matter carried out by educators so that the learning process occurs in students in an effort to achieve goals. With the ACQ method, students feel like they are playing, not pressured, enjoyable in every learning session, making them love listening to the Qur'an and far from feeling compelled. The method used in this study is a quasi-experimental form of nonequivalent control group design. The sample used in this study amounted to 31 experimental class students and 33 control class students at UPI Laboratory Junior High School, Cibiru Campus. Data collection techniques used are tests, observations, and documentation studies. Quantitative data were analyzed using a statistical test approach and qualitative data were analyzed using logic. From the research results obtained that: 1). The process of implementing the ACQ method begins with reading the QS. An-Naba, providing information related to learning steps, students sit in groups of 6 people, the teacher gives examples of memorizing the Qur'an and directs students to repeat each gesture, the teacher gives 10 minutes for students to memorize, students go forward to demonstrate their memorization . 2). Increased students' ability to memorize the Qur'an after using the ACQ method by 3%. 3). The application of the ACQ method has a significant effect on students' ability to memorize the Qur'an. Shown by the results of hypothesis testing with a significance level of 5% obtained Tcount 3.30 > Ttable 1.67022, then the proposed hypothesis is accepted..   Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada siswa yang terlihat malas dan tidak bersemangat jika disuruh menghafalkan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode ACQ terhadap kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa metode adalah cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan. Dengan metode ACQ siswa merasa seperti sedang bermain, tidak tertekan, menyenangkan dalam setiap sesi pembelajaran membuat mereka cinta dalam mendengarkan Al-Qur’an dan jauh dari rasa keterpaksaan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment bentuk nonequivalent control group design.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol di SMP Laboratorium-Percontohan UPI Kampus Cibiru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan studi dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan pendekatan uji statistik dan data kualitatif dianalisis menggunakan logika. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1). Proses penerapan metode ACQ terlaksana diawali dengan membacakan QS. An-Naba, pemberian informasi terkait langkah-langkah pembelajaran, siswa duduk berkelompok beranggotakan 6 orang, guru memberi contoh menghafal Al-Qur'an dan mengarahkan siswa untuk mengulangi setiap gerakan isyarat, guru memberi waktu 10 menit untuk siswa menghafal, siswa maju mendemonstrasikan hafalannya. 2). Peningkatan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa setelah menggunakan  metode ACQ sebanyak 3%. 3). Penerapan metode ACQ berpengaruh signifikan terhadap kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. Ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Thitung 3,30 > Ttabel 1,67022, maka hipotesis yang diajukan diterima.