PERAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM LOKAL DI PESANTREN NURUL ISLAM 1 JEMBER
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran dan strategi Kiai dalam pengembangan kurikulum lokal madrasah berbasis pesantren. Secara lebih rinci, masalah penelitian ini difokuskan pada: (1) peran kiai dalam mendorong tim pengembang kurikulum lokal untuk menganalisis kebutuhan dan pertimbangan yang digunakan pesantren; (2) peran kiai dalam mengarahkan tim pengembang untuk memformulasikan kurikulum lokal di madrasah berbasis pesantren; (3) peran kiai dalam menetapkan kurikulum lokal pada tim pengembang untuk diimplementasikan melalui program ekstrakurikuler; (4) peran kiai dalam membiming tim untuk melakukakan evaluasi dan rencana tindaklanjut. Penelitian ini dirancang dengan metode kualitatif. Penentuan informan yang dipilih dengan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumenter. Prosedur analisis data melalui tahapan data condensation, data display, dan conclusion drawing. Sedangkan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Temuan penelitian ini adalah: Pertama, kiai mendorong tim pengembang kurikulum untuk melakukan analisis terhadap kebutuhan masyarakat terkait dengan kurikulum lokal dengan tetap menjaga sanad keilmuan; Kedua, kiai mengarahkan tim pengembang untuk memformulasi kurikulum lokal yang integratif dan adaptif yaitu sesuai dengan situasi, kondisi, dan sarana prasarana pesantren; Ketiga, kiai menetapkan pengembangan kurikulum lokal pada tim pengembang untuk diimplementasikan melalui program ekstrakurikuler. Keempat, kiai membimbing tim pengembang untuk mengevaluasi pelaksanaan kurikulum lokal secara holistik dan komprehensif, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan hasil yang telah dicapai serta menentukan rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut Kata Kunci: Peran Kiai, Pengembangan, Kurikulum Lokal, Madrasah Berbasis Pesantren