MPLEMENTASI DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN AL-QUR’AN PUTRI IBNU KATSIR JEMBER

Abstract

Abstrak Bahasa Arab adalah salah satu bahasa mayor yang paling banyak digunakan di dunia. Mempelajari bahasa Arab adalah hal yang penting terutama bagi umat Islam, karena al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, hadits Nabi dituturkan dalam bahasa Arab serta kitab-kitab dalam agama Islam ditulis menggunakan bahasa Arab. Namun, mempelajari bahasa asing tentu memiliki kesulitan dan hambatan tersendiri. Oleh karena itu dibutuhkan cara/metode yang tepat dan efisien dalam mengajarkan bahasa Arab, agar dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi direct method melalui ilqo’ mufrodat dan yaumul lughoh dalam pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif oleh Miles, Huberman dan Saldana yaitu Data Collection, Data Condensation, Data Display dan Conclusion Drawing/Verfications. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi Direct Method Melalui Ilqo’ Mufrodat di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember terdiri dari dua tahap yaitu; a) Pengenalan direct method dalam ilqo’ mufrodat dimulai pada tahun 2016, untuk santriwati baru diperkenalkan pada tiga bulan pertama awal tahun ajaran, b) Pelaksanaan, meliputi 1. Materi, diberikan sebanyak tiga kosakata setiap hari, 2. Implementasi metode, mengunakan sistem talaqqi dan  imla’, 3. Media, mengunakan whiteboard, spidol, kamus dan buku “ Belajar Bahasa Arab bagi Pemula”, 4. Evaluasi, dengan mengadakan ujian mufrodat dan praktek langsung. 2) Implementasi Direct Method Melalui Yaumul Lughoh di Pondok Pesantren Al- Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember terdiri dari dua tahap yaitu; a) Pengenalan direct method dalam yaumul lughoh dimulai pada tahun 2016, untuk santriwati baru diberi waktu adaptasi dan pengajaran intensif pada tiga bulan pertama awal tahun ajaran, b) Pelaksanaan, meliputi 1. Materi, menggunakan kosakata-kosakata dan pengetahuan bahasa Arab yang dimiliki santri, 2. Implementasi metode, mengunakan sistem praktek berbicara langsung/bahasa isyarat, 3. Evaluasi, dengan mengadakan mahkamah bahasa setiap malam. Key word: Direct Method, Pembelajaran Bahasa Arab