IPTEK bagi Kelompok Pengolah dan Pemasar Perikanan dalam Peningkatan Pemasaran Perikanan di Kabupaten Bantul
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kewirausahaan dan pemahaman e-commerce anggota kelompok pemasar dan pengolah ikan di kabupaten Bantul. Pre survey menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat pesisir belum secara kreatif memanfaatkan potensi ikan menjadi diversifikasi makanan yang memiliki daya jual tinggi. Pemasaran hasil olahan perikanan masih terbatas di tingkat lokal, sebagian kecil dipasarkan keluar kabupaten Bantul. Kegiatan ini sebagai salah satu solusi yang ditawarkan tim pengabdi untuk mengatasi kesenjangan pemahaman teknologi informasi di kalangan kelompok pemasar dan pengolah ikan serta rendahnya ketrampilan pemasaran dan kewirausahaan mereka. Metode pelaksanaannya meliputi ceramah, diskusi, praktik dan evaluasi. Model pendekatan yang dilakukan pada program aksi meliputi: 1) Model Partisipatory Rural Appraisal (PRA); 2) Model Entrepreneurship Capacity Building (ECB); dan 3) Model Teknologi Transfer (TT). Selain itu, juga dilakukan program advokasi pendampingan dan pertemuan berkala. Hasil pelaksanaan :1) Program Pengabdian memberi manfaat ekonomis integrated marketing komoditas olahan ikan 2) Metode pendampingan cukup efektif oleh peserta terutama dalam mengenalkan e-commerce. Peserta menyadari bahwa e-commerce bukan semata untuk menunjang pemasaran namun juga untuk pencarian bahan baku, memetakan pasar, mengendalikan stabilitas harga dan memperluas jaringan bisnis.