ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING PRODUK INDUSTRI KREATIF DI KECAMATAN RAJAPOLAH, TASIKMALAYA

Abstract

Kecamatan Rajapolah memiliki potensi produk industri kreatif yang melimpah. Namun potensi ini belum sepenuhnya dapat diberdayakan. Pasalnya, para perajin masih kesulitan untuk menjual produknya. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang termanajerial dengan baik, sehingga harapannya dapat menghasilkan income yang signifikan bagi para perajin. Berdasarkan hal tersebut, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan menjadikan kecamatan Rajapolah sebagai laboratorium sosial-ekonomi. Dengan memberikan pelatihan dan pendampingan digital marketing yang tujuannya sebagai strategi meningkatkan signifikasi pemasaran produk dari industri kreatif di kecamatan Rajapolah. Adapun program kerja UIN Sunan Kalijaga yang dilaksanakan berupa pelatihan, dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan proses dan (3) tahap pemandirian. Kegiatan program kerja ini dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2019 yaitu berupa kegiatan: pendidikan dan pelatihan digital marketing. Beberapa manfaat praktis yang diharapkan dari pelaksanaan program kerja ini, antara lain: (1) masyarakat mendapatkan informasi yang utuh dan jelas tentang hakekat digital marketing sebagai strategi pemasaran yang efektif; (2) para perajin dapat menyusun strategi digital marketing untuk produk industri kreatif melalui pemanfaatan media sosial dan digital; (3) masyarakat dapat mengakses peluang-peluang pengembangan usaha mereka melalui digital marketing yang dapat mendatangkan nilai finansial. Dengan demikian, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berusaha menganalisis strategi digital marketing dengan fokus pada program yang dimotori dan dibimbing secara langsung oleh UIN Sunan Kalijaga dalam kaitannya untuk meningkatkan kualitas produk dan pemanfaatan digital marketing oleh masyarakat desa di era revolusi industri 4.0 yang berdasar pada community based research (CBR).diharapkan dari pelaksanaan program kerja ini, antara lain: (1) masyarakat mendapatkan informasi yang utuh dan jelas tentang hakekat digital marketing sebagai strategi pemasaran yang efektif; (2) para perajin dapat menyusun strategi digital marketing untuk produk industri kreatif melalui pemanfaatan media sosial dan digital; (3) masyarakat dapat mengakses peluang-peluang pengembangan usaha mereka melalui digital marketing yang dapat mendatangkan nilai finansial. Dengan demikian, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berusaha menganalisis strategi digital marketing dengan fokus pada program yang dimotori dan dibimbing secara langsung oleh UIN Sunan Kalijaga dalam kaitannya untuk meningkatkan kualitas produk dan pemanfaatan digital marketing oleh masyarakat desa di era revolusi industri 4.0 yang berdasar pada community based research (CBR).