Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Kelas XI di SMA Negeri 1 Malaka Barat Besikama
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan karekter terhadap kecerdasan emosional siswa, dan juga mengukur seberapa besar pengaruh pendidikan karakter tersebut terhadap kecerdasan emosional anak-anak remaja. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk dapat mengetahui dan sekaligus mengukur pengaruh antara varibel X dan Varibel Y. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Malaka Barat, terutama kelas XI dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 160. Penentuan sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling, sedangkan banyaknya sampel ditentukan dengan rumus slovin sebanyak 62 siswa. Penentuan sample ini dianggap reprentatif dan dapat dipertanggungjawab-kan karena menggunakan teknik baku yang dapat dipercaya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran angket, dan kemudian dilakukan analisis dengan terdahulu melakukan uji normalitas,uji korelasi product moment dan uji persaman regresi sederhana. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa antara pendidikan karakter di sekolah dan kecerdasan emosional memiliki hubungan yang “kuat”, di mana dari hasil pengujian korelasi product moment ditemukan koefesian korelasi sebesar 0,784 atau sebesar 61,46% jika dikonversi dengan menggunakan uji koefesian determinasi. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara pendidikan karakter dan kecerdesan emosional remaja sebesar 61,46% dan sisanya 38,54% ditentukan oleh faktor lain.