Efek Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan terhadap Prestasi Akademik Pendidikan Agama Katolik Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Swasta Santo Xaverius 2 Kabanjahe

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efek penggunaan metode Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAIKEM). Permasalahan penelitian ialah apakah metode pembelajaran Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan efektif terhadap prestasi akademik peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Swasta Santo Xaverius 2, Kabanjahe. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan-informan kunci dari penelitian terdiri atas Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Katolik, dan Peserta Didik. Data yang sudah terkumpul dari lapangan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mereduksi, menyusun display data dan menyimpulkan data penelitian. Untuk mengukur keabsahan data penelitian maka peneliti melakukan triangulasi baik teknik maupun sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAIKEM) berpengaruh baik terhadap prestasi akademik peserta didik. Kendala yang dialami peserta didik adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya tatap muka atau masih daring karena pandemi. Walaupun demikian, disadari bahwa pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka tetap akan diterapkan berdampingan, juga di masa depan.