Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pembentukan Jiwa Kewirausahaan di Lingkungan Mahasiswa STPKat Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jiwa kewirausahaan berdasarkan karakteristik individual, psikologi dan kontekstual. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui faktor-faktor sikap dan kontekstual yang mempengaruhi mahasiswa membentuk jiwa kewirausahaanya dan tujuan penelitian ketiga adalah mengetahui ciri-ciri wirausaha yang dimiliki oleh mahasiswa STPKat Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang menggambarkan fenomena yang ada saat ini di STPKat St. Fransiskus Asisi, dengan pendekatan kuantitatif dan Metode Analisis Likert. Temuan-temuan dalam penelitian ini adalah 62% faktor-faktor pembentuk jiwa kewirausahaan berasal dari karakter demografi umur dan status; 72% berasal dari sifat-sifat yang dimiliki oleh seseorang; 82% berasal dari faktor kontekstual berupa adanya training kewirausahaan dan niat kuat untuk menjadi seorang guru agama Katolik dengan kepemilikan usaha sampingan. Faktor sikap dan kontekstual yang mempengaruhi dalam hal konsep diri sebesar 73% serta dalam hal minat berwirausaha sebesar 88%. Ciri-ciri wirausahawan ditampakkan dalam rasa percaya diri sebesar 82%; berorientasi pada hasil sebesar 83%; keberanian mengambil risiko sebesar 75%; kepemimpinan sebesar 83%; keorisinilan 77%; dan berorientasi masa depan sebesar 79%. Rasa percaya diri, berorientasi pada hasil, dan kepemimpinan merupakan ciri-ciri wirausaha yang ditemukan pada sebagian besar mahasiswa STPKat Santo Fransiskus Asisi Semarang.