Peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe

Abstract

Keterampilan sosial merupakan kecakapan yang perlu dimiliki oleh setiap peserta didik karena keterampilan sosial ini merupakan bagian dari kecakapan hidup. Keterampilan sosial juga dapat menuntut peserta didik meraih keberhasilan dalam kehidupan sosialnya di sekolah maupun di masyrakat. Kehidupan serta pergaulan peserta didik yang baik dapat menumbuhan keterampilan sosial peserta didik. Lewat keterampilan sosial inilah peserta didik akan mampu berhubungan serta merespon orang lain dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peran guru Pendidikan Agama Katolik dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe dengan informan sebanyak 12 orang yang terdidri dari: Guru Pendidikan Agama Katolik, Kepala Sekolah dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data penelitian diproleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung sejak Maret hingga Mei 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama KatolikĀ  sudah dijalankan sebaik mungkin dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik, peserta didik di SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe memiliki keterampilan sosial yang baik melalui peran guru Pendidikan Agama Katolik yang meliputi: peran guru Pendidikan Agama Katolik sebagai suri teladan, sebagai pengelola pembelajaran, sebagai motivator, dan sebagai pelaksana kurikulum