Peran Guru dalam Mewujudkan Keterampilan Vokasional Memanfaatkan Barang Bekas secara Kreatif bagi Anak Tunagrahita pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Luar Biasa C Karya Tulus

Abstract

Peran guru di sekolah luar biasa sangat penting untuk anak tunagrahita. Dalam pendampingan guru tersebut, semua guru ambil bagian secara nyata dalam bentuk kehadiran dan bertugas. Keikutsertaan guru dalam bertugas misalnya sebagai guru kelas mendampingi anak tunagrahita dalam memanfaatkan keterampilan vokasional barang bekas, mendorong kreativitas anak tunagrahita untuk memberikan contoh barang bekas dengan praktik yang sederhana dan membawa anak tunagrahita belajar di luar kelas untuk memanfaatkan barang bekas dan sebagainya. Keikutsertaan anak tunagrahita ini tidak terlepas dari peran guru kelas. Peran guru bukan hanya sekedar sebagai pembimbing, pendorong kreativitas, dan inovator melainkan begitu banyak peran yang dibutuhkan seorang guru mengajar di sekolah luar biasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini nampak bahwa dalam masa pandemi covid-19 peran guru tidak hilang melainkan telah mengambil tugas dengan baik untuk meningkatkan pemanfaatan barang bekas dengan kegiatan keterampilan vokasional di sekolah