Analisis terhadap Pengajaran Pendidikan Agama Katolik kepada Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengevaluasi secara mendalam pelaksanaan pengajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) terhadap mahasiswa di kampus Semarang. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan keberhasilan atau ketidakberhasilan kegiatan mengajar pendidikan Agama Katolik terhadap mahasiswa di kampus Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development. Peneliti bertindak sebagai analis dari subjek penelitian yang terlibat proses belajar mengajar Pendidikan Agama Katolik di kampus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa untuk mengimplementasikan nilai-nilai iman PAK secara maksimal, perlu ada perbaikan kualitas intern (kualitas kedekatan hubungan dosen/murid dengan Tuhan, kesiapan belajar dan mengajar, pendalaman pengetahuan teologis, kecerdasan emosional, bahasa yang mudah dimengerti, pengendalian diri) yang dilakukan oleh dosen dan murid selama pembelajaran. Setelah itu perlu ada perbaikan kualitas ekstern (menerapkan nilai-nilai PAK kepada masyarakat plural). Terakhir, perlu diadakan perbaikan modul dengan mengintegrasikan nilai-nilai sukacita Injili.