KONSEP PENDIDIKAN KH ILYAS KALIPAING GEMAWANG TEMANGGUNG
Abstract
Strategi pendidikan sangat diperlukan dalam upaya membangun masyarakat yang sesuai dengan cita-cita ideologinya. Pada hakekatnya pendidikan adalah agen sebuah tradisi yang menjunjung tinggi nilai adat istiadat serta mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan pelik dan bukan berorientasi pada aspek kapitalisme dan kanibalisme intelektual. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Sedangkan model penggalian data lebih dominan menggunakan wawancara dengan orang dekat sang tokoh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa KH Ilyas Kalipaing memiliki pemikiran yang cukup sistematis dalam menggelola pendidikan islam. Indikatornya bisa dilihat bahwa mulai dari tujuan, bentuk, kurikulum, metode dan materi pendidikan dibuat sesuai dengan prinsip pendidikan islam secara pakem. Untuk mencapai tujuan dari pendidikan islam yaitu menemukan ridla Allah maka beliau memilih pesantren yang notabene selalu mengunggulkan aspek adabiyah sejalan dengan penetapan kurikulum dan materi yang diberikan. Materi fiqh dan adab menjadi konsen yang diberikan selain materi tentang upaya survival dikehidupan dunia ini.