Pembelajaran Alquran Hadis Berbasis Active Learning di MI As-Sidiqiyah Grabag Purworejo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Alquran Hadis dengan menggunakan model Active Learning tipe Card Sort siswa kelas VI MI As-sidiqiyah Grabag tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action risearch). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Active Learning tipe Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar Alquran Hadis siswa kelas VI MI As-Sidiqiyah Grabag Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan, dari hasil belajar sebagai berikut nilai rata-rata pratindakan 33,75. Kemudian nilai rata- rata pada siklus I adalah 75, dan rata-rata pada siklus II adalah 63,5. Nilai rata-rata siklus I meningkat drastis jika dibanding pratindakan. Namun, nilai rata-rata siklus II mengalami penurunan dibanding dengan siklus I. Hal ini disebabkan karena cakupan materinya lebih luas yakni materi siklus I ditambah materi siklus II, disamping waktu yang lebih sedikit. Disamping peningkatan nilai rata-rata ini, pembelajaran juga terlihat lebih aktif. Hal ini dapat disaksikan dari partisipasi siswa pada saat proses pembelajaran. Mereka saling membantu untuk menyusun kartu potongan-potongan redaksi maupun arti hadis menjadi susunan sebagaimana redaksi dan arti yang benar.