PROBLEMATIKA KEDISILPLINAN SISWA KELAS IV SDTQ-T AN NAJAH CINDAI ALUS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN

Abstract

Kedisiplinan adalah Sebuah peraturan atau tata tertib yang mengendalikan sebuah tingkah laku sebagai suatu bentuk ketaatan terhadap norma atau aturan.Zakiah Darajat berpendapat bahwa salah satu wadah untuk mendidik disiplin bagi generasi penerus bangsa adalah melalui sekolah. Menurutnya, sekolah hendaknya dapat diusahakan menjadi lapangan yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan mental dan moral anak didik, disamping sebagai tempat pengembangan bakat dan kecerdasan. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang yang berhasil mencapai kesuksesan dalam hidupnya adalah orang-orang yang mempunyai sikap disiplin yang sangat tinggi. Disiplin adalah kunci kesuksesan, sebab dengan disiplin orang menjadi berkeyakinan bahwa disiplin membawa manfaat yang membuktikan dengan tindakan disiplinnya sendiri sehingga kedisiplinan harus dimulai sedari dini sejak usia sekolah dasar, dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk meneliti tentang problematika Kedisilplinan Siswa Kelas IV SDTQ-T An Najah Cindai Alus Martapura Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui problematika siswa kelas SDTQT- AN Najah Cindai Alus Martapura Kalimantan Selatan, dan (2) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kedisiplinan di SDTQT- AN Najah Cindai Alus Martapura Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (study case). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswa. Dari 3 siswa, 2 siswa yang tingkat kedisiplinan dan hasil belajarnya sesuai sedangkan 1 siswa lagi tingkat kedisiplinan dan hasil belajarnya kurang sesuai. Ini berarti tingkat kesesuaian antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa berada pada kategori sedang (66,7%). Kedisiplinan mempengaruhi hasil belajar tetapi tidak sepenuhnya hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan.