Strategi Pembelajaran Nilai dan Karakter Menghadapi Tantangan Era Industri 4.0

Abstract

Pendidikan karakter menghadapi tantangan dalam era Industri 4.0. Tantangan ini berwujud mulai lunturnya nilai-nilai karakter keislaman yang tergerus arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana Strategi pembelajaran nilai dan dan Karakter di Era 4.0 dalam Perspektif Islam.Metode penelitian menggunakan metode library research, yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan sebagai obyek penelitian atau pengumpulan data bersifat kepustakaan. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengumpulan data literar yaitu bahan-bahan pustaka yang koheren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Analisi data dalam kajian pustaka (library research) ini adalah analisis isi (content analysis) yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis. Hasil dari penelitian ini bahwa pembelajaran nilai dan karakter di era Industri 4.0 dapat dilakukan melalui E learning,Flipped learning, Pembelajaran daring dan pembelajaran Quantum