PENERAPANAPLIKASI WHATSAPP, GOOGLE FORM, DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO
Abstract
Keberadaan pandemi covid-19 berdampak ke berbagai sektor kehidupan, termasuk penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Untuk keberlangsungan proses pendidikan dan dalam rangka berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, maka pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 3 Purworejo disesuaikan dengan kebijakan social distancing. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah siswa masing-masing dan dilakukan melalui media daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIdBP) secara daring, untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan penilaian pengetahuan PAIdBP secara daring, dan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan di kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Purworejo. Pelaksanaan pembelajaran PAIdBP tersebut terdiri dari empatkegiatan daring. Aplikasi Whatsapps digunakan untuk pengelolaan kelas, diantaranya untuk menyampaikan pengumuman, memberi materi pelajaran, menyampaikan serta mengumpulkan tugas siswa. Penilaian hasil belajar pengetahuan PAIdBP dilakukan dengan menggunakan aplikasi google form dan quizizz. Dari keseluruhan kegiatan daring diperoleh rerata nilai pengetahuan PAIdBP siswa 76,115 dan persentase siswa yang telah melampaui KKM sebesar 74,135%. Kriteria Ketuntasan Minimal pengetahuan PAIdBP yang ditetapkan dari SMK Negeri 3 Purworejo sebesar 75, dan persentase siswa yang telah melampaui KKM kurang dari 75% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAIdBP secara daring di kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Purworejo yang terlaksana masih belum cukup efektif.