IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS TERHADAP INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI MA NURUL UMMAH YOGYAKARTA

Abstract

Peran pendidikan bagi manusia, yaitu sebagai sarana menciptakan akhlak yang baik dan sebagai alat untuk memecahkan permasalahan kehidupan. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam proses pendidikan adalah model atau metode yang digunakan. Didalam proses pembelajaran tidak selayaknya keberadaan guru membuat anak didik terkungkung dan pasif. Untuk itulah dibutuhkan pendekatan pembelajaran kontekstual dan salah satu model pembelajaran kontekstual adalah Problem Based Learning (PBL). Salah satu madrasah yang telah menerapkan model PBL adalah MA Nurul Ummah Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Quran Hadis dikemas ke dalam bentuk penyajian teks, konteks dan kontekstualisasi teks, sehingga apa yang dipelajari oleh sisiwa dapat memberikan makna. Penerapan model PBL memiliki dampak terhadap internalisasi nilai agama Islam kepada siswa, diantara dampak yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan model PBL yakni siswa mampu meyakini dan menyadari akan kebenaran doktrin atau nilai agama Islam, siswa mampu dalam memahami hakikat nilai-nilai ajaran Islam serta siswa dapat menjadikan Al-Quran Hadis sebagai pedoman dalam berperilaku sehari-hari.