DAMPAK PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI MA’ARIF NU BRUNOSARI

Abstract

Eka Musyayanah (17120094), Dampak Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Ma’Arif NU Brunosari,Bruno,Purworejo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pengelolaan kelas di MI Ma’Arif NU Brunosari (2) Bagaimana Dampak Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Ma’Arif NU Brunosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana penelitian ini mengharuskan peneliti untuk terjun langsung ke lapangan guna memperoleh data yang dibutuhkan. Penelitian ini di laksanakan mulai bulan April 2021 sampai dengan bulan Juli 2021.Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MI Ma’Arif NU Brunosari yang berjumlah 10 orang dan juga seluruh siswa dari kelas I sampai dengan kelas VI yang berjumlah 30 siswa.Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah guru-guru Kelas Bawah menggunakan berbagai macam pendekatan yaitu pendekatan kekuasaan, pendekatan elektis atau pluralistik dan pendekatan ancaman, sedangkan guru Kelas Atas menggunakan pendekatan kebebasan, pendekatan perubahan tingkah laku dan pendekatan kelompok. Pendekatan tersebut berdampak baik terhadap hasil belajar siswa yaitu siswa menjadi taat, patuh dan mempunyai sikap jujur,disiplin, bertanggung jawab,berani menjawab soal di depan teman-temanya baik itu individu maupun kelompok. Hasil belajar siswa dilihat dari segi kognitif,afektif dan psikomotor menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Kata Kunci : Dampak, Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Siswa.