POLA ASUH KAKEK NENEK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MAARIF NU BRUNOSARI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh kakek nenek terhadap prestasi belajar siswa di MI Maarif NU Brunosari. Bahan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kakek nenek dan siswa MI Maarif NU Brunosari. Pengujian ini dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap kakek nenek dari siswa MI Maarif NU Brunosari sebanyak 1 kakek, 9 nenek dan 9 cucu. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian pola asuh kakek nenek terbanyak adalah dengan kategori permisif yaitu 5 keluarga, paling sedikit dengan kategori demokrasi yaitu 2 keluarga dan kategori otoriter yaitu sebanyak 2 keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola asuh kakek nenek tidak mempengaruhi prestasi siswa MI Maarif NU Brunosari. Siswa yang di asuh kakek nenek di MI Maarif NU Brunosari rata-rata mendapat prestasi yang rendah karena kurangnya pengetahuan tentang materi pelajaran, perhatian dan bimbingan untuk sang cucu dalam belajar. Kata Kunci: Pola Asuh Kakek Nenek, Prestasi Belajar.