MEMBANGUN KEPEDULIAN TERHADAP ABK TAHUN 2018
Abstract
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)adalah generasi bangsa yang punya hak sama dalam pendidikan.UUD 1945 pasal 31 telah jelas menyatakan bahwa “Setiap warga negara berhakmendapatkan pengajaran”. Namun dalam kenyataannya angka bullying terhadap ABK masih cukup tinggi. Karakter peduli merupakan kompetensi dasar yang ditanamkan kepada anak usia dini, Aplikasi dari sikap ini adalah menolong terhadap teman-temannya termasuk anak ABK(anak Berkebutuhan khusus). Dengan pembiasaan menolong ini diharapkan anak-anak akan meningkat sikap kepedulian terhadap ABK sehingga angka bullying akan tertekan dan tidak ada lagi diskriminasi terhadapABK.Bangsa ini akan menjadi bangsa yang bermartabat ketika memulyakan anak - anak berkebutuhan khusus. Karya ilmiah ini bertujuan meningkatkan Karakter peduli siswa RA Zidni „Ilma dengan pembiasaan menolong ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)baik dirumah maupun di sekolah. Penelitian ini merupakan Study kasus, Subyek dan Obyek adalah siswa RA Zidni „Ilma Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus Pra siklus,Siklus 1 dan Siklus 2. Disetiap siklusnya mempunyai 4 tahapan yakni Perencanaan,Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara kepada guru maupun orang tua, Observasi dan Studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kepedulian siswa RA Zidni „Ilma. Gambaran hasil pengamatan tingkat kepedulian terhadap Anak Berkebutuhan Khusus menunjukkan bahwa ada peningkatan Karakter peduli dengan pembiasaan menolong sebesar 76%.