Play-Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Progresivisme
Abstract
Artikel ini bertujuan menganalisis Play-based Learning untuk anak usia dini dalam perspektif progresivisme. Play-based learning adalah pendidikan alternatif yang memadukan kegiataan bermain sambil belajar serta pengembangan potensi anak.Penelitan ini merupakan studi kepustakaan. Tahapan penelitian meliputi inventarisasi data, klasifikasi data, analisis data, dan penulisan hasil. Metode analisis menggunakan deskripsi, interpretasi, dan refleksi-kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa play based learning merupakan pendidikan yang menjadikan anak didik sebagai subjek utama pendidikan. Guru berperan sebagai fasilitator bermain anak. Play based learning adalah pendidikan yang bebas dan demokratis, yang terbuka terhadap kritik dan penyempurnaan. Implementasi play based learning pada pendidikan anak usia dini di Indonesia membutuhkan kerja sama seluruh elemen, terutama persiapan matang pihak sekolah, baik material maupun pikiran untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat Indonesia.