ANALISIS KURIKULUM PAUD TERHADAP INDIKATOR PERKEMBANGAN AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI

Abstract

Kurikulum PAUD merupakan rencana tujuan pembelajaran yang disusun untuk menentukan pembelajaran bagi anak, kurikulum disusun sedemikian rupa untuk membantu meningkatkan 6 aspek perkembangan anak usia dini, salah satunya adalah aspek agama dan moral. Kurikulum PAUD harus bisa memiliki kesesuaian dengan beberapa indikator perkembangan agama dan moral, sehingga aspek tersebut dapat berkembang secara optimal. Dengan begitu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaiamana kesesuaian kurikulum dengan indikator perkembangan agama dan moral pada anak usia dini. metode Penelitian ini menggunakan penelitian tinjauan kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Sumber data yang bersifat kepustakaan atau berasal dari berbagai literatur, di antaranya buku, jurnal, surat kabar, dokumen pribadi dan lain sebagainya; teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, menggunakan teknik deduktif dan induktif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu antara kurikulum PAUD dengan Indikator Perkembangan Agama dan Moral anak usia dini harus berkesinambungan, sesuai dan terikat antara satu sama lain.