UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN FLASH CARD

Abstract

Salah satu aspek perkembangan bahasa anak usia dini adalah aspek keterampilan membaca. Untuk meningkatkan ketrampilan membaca anak usia 4-5 tahun membutuhkan metode yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode bermain flash card. Flash card adalah sebuah kartu yang memiliki dua sisi dengan manfaat sebagai alat bantu mengnal huruf, membaca dan mengingat anak. Membaca merupakan kegiatan yang sering terasa membosankan, sehingga dianggap perlu menggunakan alat bantu untuk membangkitkan minat baca anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan upaya peningkatan keterampilan membaca anak usia dini 4-5 tahun dengan menggunakan media pembelajaran flash card. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka, yaitu dengan mengkaji secara mendalam bahan bacaan seperti jurnal, hasil skripsi, desertasi maupun hasil penelitian yang terdahulu yang terkait dengan pokok bahasab. Hasil penelitian bahwa stimulasi yang diberikan dengan menggunakan media flash card, keterampilan membaca anak usia dini 4-5 tahun dapat berkembang dengan baik sesuai dengan tahapan perkembangan usianya. Kata kunci : Bahasa, Membaca, Flash Card