Media Sosial dan Dampaknya dalam Perspektif Psikologi Komunikasi

Abstract

Fenomena penggunaan media sosial adalah sesuatu yang sangat lazim di kalangan masyarakat. Dengan segala perkembangan yang cepat ini memunculkan adanya masalah baru di masyarakat. Media sosial pada hakekatnya adalah sebuah sarana yang diciptakan untuk mempermudah komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain walaupun harus melintasi jarak, ruang, dan waktu sangat banyak memicu timbulnya dampak luar biasa pada psikologis penggunanya. Adapun efeknya yang didapatkan pertama, efek kognitif yang berujung pada seringnya mengkonsumsi pesan toxic (berita hoax, gambar kriminal, video vulgar, dan lain-lain), kedua, efek afektif yang mengarah pada rasa senang dan benci sehingga memungkinkan untuk menyebarkan kembali pesan toxic yang didapat, dan ketiga behavioral yaitu respon yang timbul pada diri khalayak dalam bentuk perilaku dan tindakan untuk melakukan isi dari pesan toxic.