Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Mendongeng di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada materi mendongeng pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pendekatan penelitian asosiatif ini minimal terdapat dua variabel yang dihubungkan. Penelitian dilakukan oleh penulis bentuk hubungan bersifat sebab akibat (kausal), yaitu hubungan yang bersifat mempengaruhi dua varibel atau lebih. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh yaitu berjumlah 15 anak di TK Libukang Permai Kota Palopo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara pengisian kuesioner. Hasil penelitiannya: terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada materi mendongeng pada masa pandemi covid 19, dibuktikan dari nilai t hitung 7.400 dan signifikansi 0,000 sehingga nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga terdapat pengaruh secara parsial yang signifikan dari variabel penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Adanya pengaruh positif artinya semakin tinggi nilai penggunaan media video pembelajaran maka minat belajar siswa semakin tinggi.