Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Mendongeng di Masa Pandemi Covid 19

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada materi mendongeng pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pendekatan penelitian asosiatif ini minimal terdapat dua variabel yang dihubungkan. Penelitian dilakukan oleh penulis bentuk hubungan bersifat sebab akibat (kausal), yaitu hubungan yang bersifat mempengaruhi dua varibel atau lebih. Teknik  pengambilan sampel yaitu  sampling jenuh yaitu   berjumlah 15  anak di TK Libukang Permai Kota Palopo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara pengisian kuesioner. Hasil penelitiannya:  terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada materi mendongeng pada masa pandemi covid 19, dibuktikan dari   nilai t hitung  7.400 dan signifikansi 0,000 sehingga nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga terdapat pengaruh secara parsial yang signifikan dari variabel penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Adanya pengaruh positif artinya semakin tinggi nilai penggunaan media video pembelajaran  maka minat belajar siswa  semakin tinggi.