Penggunaan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Kegiatan Pengembangan pembelajaran matematika untuk anak usia dini dirancang agar anak mampu menguasai berbagai pengetahuan dan keterampilan matematika yang mendukung mereka untuk hidup dan bekerja pada masa mendatang yang pada kemampuan memecahkan masalah. Begitu pentingnya kemampuan berhitung bagi manusia, maka kemampuan berhitung ini perlu diajarkan sejak dini. Kemampuan berhitung sebaiknya diberikan pada anak dengan suasana yang menyenangkan dan memberikan rasa aman serta kebebasan bagi anak. Masalah ini dihadapi oleh anak di lembaga TK Dharma Wanita Ketanon dari 13 anak capaian kognitif terkait kemampuan berhitung hanya 2 anak yang memperoleh BSH sedangkan 9 anak dalam kategori MB dan 2 anak BB. Dari analisis kebutuhan kebutuhan ditemukan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat anak untuk mencapai kemamupuan berhitung. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 3 siklus. Hasil penelitian ini diterima dan dapat dibuktikan bahwa pada siklus ke I diperoleh prosentase ketuntasan 30,7%, pada siklus II diperoleh prosentase ketuntasan 61,5% dan pada siklus ke III diperoleh prosentase ketuntasan 84,6%. Activities Development of learning mathematics for early childhood is designed so that children are able to master a variety of mathematical knowledge and skills that will enable them to live and work in the future which emphasizes problem solving skills. So important is the ability to count for humans, then this ability to count needs to be taught from an early age. The ability to count should be given to children in a pleasant atmosphere and provide a sense of security and freedom for children. This problem was faced by children in the Dharma Wanita Ketanon Kindergarten institution, out of 13 children with cognitive achievement related to numeracy skills, only 2 children received BSH while 9 children in the MB category and 2 BB children. From the needs analysis, it was found the need for learning media that can foster children's interest in achieving numeracy skills. The type of research is Classroom Action Research using 3 cycles. The results of this study are accepted and can be proven that in the first cycle the percentage of completeness is 30.7%, in the second cycle the percentage of completeness is 61.5% and in the third cycle the percentage of completeness is 84.6%.