GERAKAN SISWA MENGAJAR (GSM) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DI SMPN 1 MEJAYAN KABUPATEN MADIUN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan implementasi metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran dan pelaksanaan Gerakan Siswa Mengajar (GSM) di SMP Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis data penelitian dilakukan dalam tiga tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan implementasi metode tutor sebaya pada program GSM (gerakan siswa mengajar) di SMP Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun meliputi tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) Dalam pelaksanaannya, program GSM (gerakan siswa mengajar) di SMP Negeri 1 Mejayan menerapkan sistem kreatif, inovatif dan menyenangkan, tujuannya untuk mengoptimalkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sebagai upaya peningkatan nilai ujian siswa khususnya pada ujian kelulusan dan ujian nasional (UN), mengoptimalkan potensi akademis dan nilai-nilai karakter dalam diri siswa, serta mewujudkan proses pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.