Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Pikatan

Abstract

Penelitian ini didorong oleh suatu fenomena bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunya adalah kurangnya budaya bacaan pada siswa dalam proses belajar mengajar. Hal ini juga diperburuk oleh para guru yang masih menggunakan sumber belajar konvensional saja, sehingga menyebabkan siswa terlihat kurang bersemangat dalam berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, karena siswa tidak berperan aktif dalam proses belajar mengajar.Penelitian ini menggunakan Class Action Research sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Target dari penelitian ini adalah siswa kelas empat materi pelajaran bahasa Indonesia dalam kalimat utama. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca siswa di kelas IV MI Darussalam Pikatan melalui penggunaan sumber daya belajar Perpustakaan dalam masalah pokok bahasan Indonesia dari kalimat utama. Hal ini dapat dilihat dari pengukuran kemampuan membaca efektif (KEM) yang dilakukan oleh para peneliti, dari pra-tes yang hanya memperoleh rata 67 kata per menit meningkat dalam siklus pertama pasca tes dengan 73 kata per menit dan meningkat secara signifikan dalam siklus kedua pasca tes dengan 106 kata per menit. Nilai rerata dari hasil belajar siswa juga meningkat dari pre Test yang mencapai 49, meningkat pada siklus pertama tes pasca yang 63 dan siklus kedua tes pasca meningkat secara signifikan yaitu rata-rata 81. Kemudian dapat disimpulkan bahwa penggunaan sumber daya belajar Perpustakaan dapat meningkatkan kemampuan membaca di kelas IV MI Pikatan Blitar siswa.