Integrasi Nilai Agama pada Pembelajaran IPS dalam Membina Self Control Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi nilai agama dengan pembelajaran IPS dalam membina Self control peserta didik melalui pola dan pendekatan integratif. Manusia sejatinya merupakan mahluk sosial, maka diperlukan suatu pengendalian diri saat membaur ke dalam lingkungannya. Mengendalikan diri atau Self control merupakan upaya sadar dengan apa yang sedang dilakukan. Memiliki kemampuan Self control yang baik artinya mampu mengarahkan ke perilaku positif, begitupun sebaliknya. Pola integrasi yang dibentuk dengan memasukkan nilai agama kedalam pembelajaran IPS dapat menjadi alternatif secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif dan interpretasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah agama dan pembelajaran IPS memiliki kesamaan yaitu dapat menjadi acuan dalam pengembangan diri. Hasil yang diperoleh keduanya dapat menjadi pembelajaran dalam membina pengendalian diri.