Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Ilyasa MI Perwanida Kota Blitar

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap mudah oleh para siswa, tetapi sebenarnya nilai mata pelajaran Indonesia tidak pernah menduduki tingkat pertama dibanding mata pelajaran lain. Ketika siswa menganggap mudah pelajaran bahasa Indonesia karena alasan penggunaan sehari-hari, hal itulah yang memicu siswa untuk tidak lagi aktif dalam belajar. Inilah yang kemudian akan membuat nilai pelajaran bahasa Indonesia selalu di bawah mata pelajaran lain. Terutama dalam menulis materi puisi bebas. Agar nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat bersaing dengan mata pelajaran lain, peneliti tertarik mengkaji penerapan metode CIRC dalam menulis materi puisi bebas sebagai solusi yang tepat dikarenakan metode ini menekankan belajar membaca dan menulis bahasa di kelas tingkat tinggi. Dalam pelaksanaannya, memerlukan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan desain kelas Action Research. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif sementara data kuantitatif dianalisis dengan kuantitatif deskriptif. Dari penelitian yang dilakukan, metode CIRC belajar menulis puisi bebas dengan mengelompokkan siswa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas di MI PerwanidaBlitar City. Hasil aplikasi meningkat secara signifikan dimana Skor Pretest sebesar 45% dari 30 siswa yang menyelesaikan penulisan puisi bebas dengan benar dan tepat. Selanjutnya, siklus I nilai ratarata siswa yang diperoleh adalah 82 dengan tingkat pencapaian siswa 66,6%. Selanjutnya dalam siklus II nilai rata-rata siswa adalah 89 dengan tingkat pencapaian siswa 95%.