MANAJEMEN INOVASI PENDIDIKAN BERORIENTASI MUTU PADA MIN MALANG 1 KOTA MALANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen inovasi pendidikan berorientasi mutu pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 1 Kota Malang, Jawa Timur. Inovasi Pendidikan Berorientasi Mutu merupakan gagasan, praktik, objek, dan metode baru di bidang pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah pendidikan. Ide, praktik, dan metode baru yang dimaksudkan adalah sesuatu yang sudah berjalan, sudah ada, sudah dipraktikkan dalam keseharian proses manajemen dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian ini berhasil menemukan ragam atau jenis inovasi yang telah dipraktikkan pada MIN Malang 1 Kota Malang meliputi: (1) inovasi pembelajaran, (2) inovasi teknologi (3) inovasi kurikulum, (4) inovasi administrasi, (5) inovasi struktur, (6) inovasi SDM, (7) inovasi sarana prasarana, dan (8) inovasi pelibatan masyarakat. Kata Kunci: Inovasi pendidikan, manajemen pendidikan, madrasah, Malang