KUALITAS RAUDHATUL ATHFAL DALAM PERSPEKTIF STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD): STUDI DI KOTA PADANG, SUMATERA BARAT

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Kualitas RA berdasarkan standar nasional PAUD, 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam rangka pencapaian standar nasional PAUD, dan 3) upaya RA mengatasi masalah/kendala dalam pencapaian standar PAUD. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa kualitas RA menunjukkan keragaman. RA yang sudah memperoleh status akreditasi sangat baik (A) dan baik (B) menunjukkan konsistensi ketercapaian kualitasnya, yaitu A dan B. Sementara RA yang status akreditasinya C (Cukup/Sedang) hasil yang diperoleh justru menunjukkan kenaikan yang sangat signifikan “A” (Sangat Baik), dan RA yang belum memperoleh status akreditasi (Belum Terakreditasi “BT”), hasil capaian kualitas yang diperoleh adalah C (Cukup/Sedang). Beberapa faktor pendukung pencapaian kualitas RA adalah semangat dan motivasi yang kuat para pengelola, kebersaman antar pengelola RA, dan, terjalinnya kerja sama yang baik antara masyarakat terutama orang tua dengan pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambat/kendala antara lain: keterbatasan biaya, jumlah tenaga pendidik (guru) terutama guru pendamping, sarana prasarana yang tidak memadai, dan transportasi antar daerah yang cukup jauh. Berbagai upaya telah dilakukan oleh lembaga (RA) untuk mengatasi hambatan/kendala tersebut di antaranya: memanfaatkan sarana prasarana secara maksimal dan efektif, penerapan manajemen secara transparan, peningkatkan kompetensi guru, pekerjaan sekolah dikerjakan oleh guru di luar sekolah, serta selalu menjalin komunikasi dengan pihak terkait. Kata Kunci: Kualitas pendidikan, Raudhatul Athfal, pendidikan anak usia dini, standar pendidikan