INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SEKOLAH DASAR SEKOLAH ALAM BOGOR
Abstract
Penelitian ini ingin melihat sisi lain dari pembelajaran tematik, yaitu dalam bentuk nilai-nilai akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran tematik pada Sekolah Dasar Alam Bogor (SDAB) dan untuk merumuskan konsep internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran tematik. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah: 1) Pola internalisasi nilai-nilai akhlak pada SDAB dilakukan dengan menggunakan desain pendidikan akhlak berbasis kelas, kultur sekolah dan komunitas, berbasis nilai-nilai akhlak lembaga yang berlandaskan kepada ajaran Islam yang disingkat menjadi SALAM. 2) Guna mencapai nilai-nilai SALAM tersebut dan pencapaian tujuan akhir pendidikan SDAB digunakanlah pendekatan tematik dalam pembelajarannya. Metode internalisasi nilai-nilai akhlak di SDAB dilakukan melalui pengajaran, peneladanan, pembiasaan, pemberian motivasi, dan penegakan aturan. 3) Konsep internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran tematik, yaitu suatu kondisi pembelajaran yang menetapkan nilai-nilai akhlak tertentu yang menggunakan pendekatan berbasis tematik dengan desain berbasis kelas, kultur sekolah dan komunitas serta berbagai metode diaplikasikan secara sistematik. Kata Kunci: Pendidikan akhlak, pendidikan nilai, pembelajaran tematik, sekolah dasar