INTEGRASI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH KE SEKOLAH DI KOTA CIREBON

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang Integrasi Madrasah Diniyah ke Sekolah di Kota Cirebon. Terdapat kekhawatiran dari masyarakat dengan diberlakukannya sekolah lima hari dapat memberangus eksistensi madrasah diniyah takmiliyah yang telah lama berkembang dan memberikan kontribusi dalam penanaman nilai-nilai keagamaan bagi peserta didik. Tulisan ini memaparkan tentang potensi dilakukan pembelajaran madrasah diniyah yang terpadu dengan kurikulum sekolah, atau penulis namakan dengan mensekolahkan madrasah diniyah takmiliyah. Dengan mensekolahkan madrasah diniyah takmiliyah, maka penjadwalan di sekolah akan linier dengan pembelajaran diniyah takmiliyah, seluruh peserta didik dapat terlayani, sarana dan prasarana lebih representatif, dan biaya operasional serta pengelolaan dan pengawasan akan lebih baik. kata kunci: Sekolah dan Madrasah Diniyah Takmiliyah