METODE QIROATI SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR`AN UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR (PENELITIAN PADA SD IT AL ICHWAN CIKARANG UTARA BEKASI)

Abstract

  Mempelajari  Al-Qur`an merupakan kewajiban bagi setiap muslim, karena Al-Qur`an sebagai pedoman beragama harus difahami dengan benar. Membaca Al-Qur`an tidak seperti membaca teks yang lainnya. Dalam Al-Qur`an ada kaidah-kaidah tertentu yang apabila kaidah itu tidak digunakan maka makna Al-Qur`an tersebut akan menjadi salah. Oleh karena itu, perlu ada sebuah metode yang inovatif dalam pembelajaran Al-Qur`an, mengingat bahwa di sekolah umum pelajaran PAI hanya sekitar 2 dampai 3 jam pelajaran dalam satu minggu. SD IT Al-Ichwan merupakan salah satu sekolah yang berinovasi dengan menerapkan metode membaca Al-Qur`an melalui metode Qiroati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model desain pembelajaran, proses pembelajaran, bentuk evaluasi, keunggulan, hasil pembelajaran, serta permasalahan dan solusinya dalam pembelajaran Al-Qur`an dengan metode Qiroati di SD IT Al-Ichwan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan metode deskriptif analitik, dengan tujuan untuk menghasilan model pembelajaran Al-Qur`an dengan menerapkan metode Qiroati untuk tingkat sekolah dasar. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Agar hasil penilaian berjalan dengan baik, maka proses analisa data tersebut dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.