PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN GARUT
Abstract
Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Garut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil survey Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta tahun 2017 yang menunjukkan bahwa sebagian besar Madrasah Aliyah sudah memiliki perangkat dasar TIK, namun kompetensi guru dalam memanfaatkan TIK pada aspek pedagogik paling rendah. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: pertama pemanfataan TIK pada pembelajaran keterampilan di MAN 1 Garut terintegrasi ke dalam persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Kedua, faktor pendukung pemanfatan TIK di MAN 1 Garut antara lain: 1) guru keterampilan yang kreatif dan penuh dedikasi, 2) input siswa yang bagus karena memakai sistem seleksi, dan 3) dukungan dari kepala madrasah berupa anjuran untuk melek teknologi, karena bagian dari peningkatan mutu pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jumlah rombongan belajar yang terlalu gemuk untuk ukuran kelas keterampilan dan akses internet yang lambat dan kuota terbatas di ruang keterampilan. Ketiga, daya ubah TIK terhadap sistem pendidikan di MAN 1 Garut terlihat dalam pembelajaran yang semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning, sehingga bisa memudahkan proses pendidikan yang sulit diatasi dengan cara-cara konvensional