LITERASI DIGITAL: SUMBER PAHAM KEAGAMAAN PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PTIQ JAKARTA

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang literasi digital yang menjadi alternatif sumber paham keagamaan mahasiswa penghafal al-Qur’an dengan mengidentifikasi perkembangan dakwah keagamaan. Objek utama dari kajian ini adalah mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an Jakarta. Pendeketan yang digunakanadalah analisis deskpriptif yang dibangun atas landasan teori ketergantung media (media dependency theory) dengan melakukan interview terbuka pada 16 mahasiswa. Tiga temuan pokok dari  hasil kajian ini adalah (1) Dakwah keagamaan berbasis digital menjadi alternatif untuk memahami, mendalami dan menyelesaikan problem keagamaannya. (2) Ustadz Abdul Shomad menjadi figur representatif  yang menjadi rujukan dalam memahami dan mengkaji isu-keagamaan. (3) Konten keagamaannya didominasi isu fiqh-fiqh praktis dan kontemporer. Literasi digital menjadi alternatif sumber paham keagamaan disebabkan terjadinya budaya instan (praktis) di kalangan mahasiswa, adanya keterbatasan kemampuan untuk memahami literasi khazanah Islam (kitab-kitab ulama) dan interaksi langsung pada Kiai-Ustad terbatas.