ANALISIS KOMPONEN KURIKULUM PELATIHAN GURU BAHASA INDONESIA DI MADRASAH BERBASIS KOMPETENSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil analisis tentang kesenjangan antara komponen kurikulum Pelatihan Guru Bahasa Indonesia di Madrasah dengan kebutuhan kompetensi kepribadian, pedagodi, professional dan sosial guru dan analisis mata pelatihan pada kurikulum Bahasa Indonesia berdasarkan kebutuhan pengembangan kompetensi abad 21 bagi guru. Metode penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif menggunakan instrumen kuisioner, wawancara, dan analisis dokumen, dengan peneliti sebagai instumen kunci. Hasil penelitian disimpulkan bahwa masih ada kesenjangan antara komponen kurikulum dengan pemenuhan kompetensi dasar. Kompetensi kepribadian dan sosial tidak tercantum dalam kurikulum, sementara kompetensi pedagogi dan professional baru terpenuhi sebagian. Komponen strategi pembelajaran orang dewasa tidak ada dalam dokumen. Pengetahuan memahami tentang materikompetensi abad 21 sangatlah penting dan relevan untuk diajarkan dalam pelatihan melalui lembaga pelatihan. Namun belum tercantum dalam dokumen kurikulum.