HIERARKI PENGARUH PEMBERITAAN PINDAH KEYAKINAN DEDDY CORBUZIER DI DETIKCOM

Abstract

Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan memakai jenis metode penelitian studi kasus instrinsic caseyang bertujuan melihat bagaimana faktor internal dan faktor eksternal memengaruhi sebuah isi berita. Peneliti menggunakan pemberitaan pindah keyakinan pindah keyakinan Deddy Corbuzier (21 Juni-21 Agustus 2019) di Detikcom sebagai objek penelitian. Data pemberitaan yang diperoleh dilengkapi dengan wawancara para reporter detikHot, kemudian peneliti menganalisis data dengan teori hierarki pengaruh yang diperkenalkan oleh Pamela J Shoemaker dan Stephen D Reese yang memiliki lima tingkatan level, yaitu level pekerja media, level kerutinan media, level organisasi media, level ekstra media, dan level ideologi media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima level hierarki pengaruh, tiga level sangat memengaruhi, yaitu level individu, rutinitas media dan ideologi media.