Sinergitas Pesan Vis a Vis Media Online dalam Konsep Tabhligh, Taghyir dan Bina Ul Ummah
Abstract
Tulisan ini menjelaskan pentingnya sinergitas pesan dihadapkan pada media online dalam perspektif komunikasi Islam yang menjadi tolok ukur keberhasilan dakwah era gadget saat ini. Tulisan konseptual ini mendasarkan pada kajian pustaka tentang perkembangan teori media dikaitkan dengan komunikasi Islam. Seiring terjadi bias ambigu dan dilema antara unsur pesan dan media yang saling pengaruh-memengaruhi, baik berkaitan dengan audio (streaming), visual, ataupun audiovisual. Karena keniscayaan media masakini mengharuskan keseimbangan pesan-pesan verbal maupun non verbal dalam versi baru. Bahwa komunikasi Islam yang dikembangkan Andi Faisal Bakti, memformulasikan adanya penyampaian pesan (tabligh) yang benar, sehingga mendatangkan perubahan (taghyir) baik paradigma atau sikap yang lebih bijak dan terbentuknya individu yang madani (bina’ul ummah) berdasar tatanan Islami yang rahmatan lil ‘alamin. Kata Kunci: Komunikasi Islam, pesan, media online.