Pengembangan dan Tantangan Kehidupan Sosial Pesantren Garasi di Jawa Timur

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengajarkan ilmu-ilmu agama Islam memiliki keunikan dan kekhasan tersediri dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya di mana pesantren tetap mempertahankan tradisi- lama baik materi maupun metode pembelajarannya. Pembelajaran dilaksanakan tanpa sekat atau kelas dimana santri membentuk kelompok-kelompok kecil dan setiap kelompok mengitari ustadnya sesuai dengan tingkatan dan materi yang diajarkannya. Meski sederhana tetapi lebih efektif dan komunikatif. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memahami (1) Bagaimana eksistensi pesantren dalam mencetak generasi terbaik diera milinia (2) Bagaimana konstruksi dan mempertahankan   pesantren garasi di Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.  Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan femenologi. Dengan pendekatan ini berusaha untuk memahami fenomena sebagai mana apa adanya sehingga obyektif dan validit. Lokasi penelitian ini adalah Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokument. Teknik  analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, validitas data dan penarikan kesimpulan