STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 GAMBUT KABUPATEN BANJAR

Abstract

Strategi Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Gambut terlaksana dengan baik,  meliputi : Pertama; Perencanaan Strategi Pembelajaran. Hal ini di tandai dengan dibuatnya perencanaan pembelajaran yang berupa silabus, program tahunan, program semester, dan RPP atau sekenario pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran serta disediakan fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran seperti buku pegangan dan media yang sesuai dengan strategi yang digunakan oleh guru yang bersangutan. Kedua; Pelaksanaan Strategi Pembelajaran. Dalam pelaksanaan strategi pembelajaran pada proses pembelajaran  Fiqih sudah sesuai den gan  langkah-langkah  yang menjadi ketentuan dalam pelaksanaannya dan sesuai dengan materi.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Gambut adalah : Faktor guru, guru tersebut sudah memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang keilmuannya.Faktor siswa, yang berupa hasil belajar siswa yang sangat baik menunjukan minat dan motivasi siswa sangatlah mendukung.Faktor materi pelajaran, materi pelajaran serta penguasaan materi yang disampaikan kepada anak didik sangat mendukung kemampuan guru dalam menerapkan srategi pembelajaran.Faktor fasilias dan media yang tersedia. Serta Faktor waktu yang kurang mndukung. Kata Kunci : Strategi dan  Pembelajaran serta Fiqih