Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi Quran Hadis di MAN Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Abstract

Permasalahan yang ditemukan adalah  kurangnya motivasi dalam aktivitas belajar pada bidang studi Quran Hadis di MAN Lubuk Alung. Salah satu indikatornya adalah masih adanya peserta didik yang tidak mau bertanya kepada guru jika belum memahami materi ajar dan masih terdapat peserta didik yang kurang percaya diri untuk tampil ke depan kelas. Maka dalam menyikapi permasalahan tersebut, motivasi dari guru sebagai pendidik di sekolah, dan orang tua sebagai pendidik yang utama sangat dibutuhkan.Jenis penelitian Ramakualitatif. Motivasi intrinsik dan ekstrinsik dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada bidang studi Quran Hadis seperti pemberian tantangan, kesempatan kepada peserta didik untuk memilih aktivitas, meningkatkan rasa ingin tahu dan menggunakan fantasi dalam proses pembelajaran. Di samping itu, guru bidang studi Quran Hadis juga memberikan hadiah dan nasehat, serta memberikan pujian terhadap keberhasilan peserta didik.